Pengaruh peradaban islam terhadap dunia barat

2 comments

Pengaruh peradaban islam terhadap dunia barat dimulai ketika ilmu pengetahuan Islam masuk dan berkembang di daratan Eropa pada awalnya di wilayah Teledo, Cordoba dan Sevilla, kemudian mengalir ke negara-negara Barat lewat para kaum terpelajar Barat.

Mereka menerjemahkan karangan buku-buku dari Islam dalam bahasa Barat. Diantara pelajar dari Barat tersebut adalah:

1.     Abolard Bath. Berpendidikan Islam dari Toledo kemudian menajdi ahli matematika serta sebagai filosofis Inggris yang terkenal.

2.    Mazarabes. Beliau seorang muslim dan mengubah namanya menjadi Petrus Alphonsi supaya tidak di curigai, setelah bekerja sebagai dokter di Istana Raja inggris Henri I. Setelah mendapat dukungan dari berbagai pihak, kemudian beliau membuka perguruan tinggi dan mengajarkan pengetahuan Islam. Ia termasuk orang yang berjasa menyebarkan Islam di Inggris.

3.      Archedeacon Dominico Gundissavi. Dengan meniru Khalifah Al-Makmun, beliau mendirikan “Bait Al-Hikmah” (Badan Penerjemah/House of wisdom) dari pihak pemerintah kristen di Toledo yang waktu itu badan tersebut dipimpin oleh Raymond. Disana disalinlah buku-buku berbahasa Arab yang belum terbakar.

4.      Ibnu Dawud (seorang muslim dari Bangsa Yunani). Di Barat ia terkenal dengan nama Avendeath. Ia menyalin buku-buku berbahasa Arab ke dalam Bahasa Latin, tentang Astronomi dan Astrologi.

5.       Gerrad Cremona. Lahir di Cremona Italian tahun 114 M. Kemudian pindah ke Toledo, disana ia menyalin buku-buku berbahasa Arab ke dalam bahasa Latin tentang ilmu Filsafat, Matematika dan Kedokteran, semua berjumlah kurang lebih 80 buah.


Menurut pengakuan para ahli kebudayaan dan ahli ilmu pengetahuan barat, Pengaruh peradaban islam terhadap dunia barat sangatlah besar. Berbagai orang pandai Eropa sekarang merasa bahwa kehidupan Eropa sebenarnya dibelit oleh kebudayaan Islam di sekeklilingnya. Dan untuk melepaskan diri dari kebudayaan ini adalah sesuatu yang tidak mungkin karena mereka sendiri telah mengakui kebudayaan ini adalah kebudayaannya sendiri.


Diantara pengakuan para ahli dari Barat tentang pengaruh peradaban Islam terhadap dunia Barat di masa lalu, adalah :

1.    Prof. Dr. Charles Singer. “ di barat ilmu Astronomi dan ilmu Kedokteran sebenarnya tidak ada, ilmu mengenal penyakit dipergunakan dengan cara-cara yang bukan-bukan, seperti dengan jengkalan jari, tumbuh-tumbuhan, dan berbagai takhayyul yang dijadikan untuk pengobatan.”

2.     Para Orientalis Spanyol. “ buku karangan ilmu filsafat buah pikiran ahli filsafat Islam yaitu Ibnu Rusyd, Al-Ghazali.” Dari pernyataan tersebut berarti bahwa filsafat Islam sangat mempengaruhi filsafat barat.

3.   Ibnu Tumlus ( ahli Ilmu Ukur, ilmu Perbintangan, ilmu Musik dan Aritmatika), “ orang-orang islam telah jauh melampaui kepandaian orang-orang barat”.

4.     Dr. Peter Du Berg. “Pendeta Peter the Venerable berangkat ke Toledo hendak menyalin Al-Qur’an, tetapi pendeta tersebut takjub ketika melihat yahudi Islam sedang menulis diatas benda tipis halus (kertas), kemudian ia membawa kepandaian umat islam dalam kertas itu ke Paris”.

5.     Prof H.A.R Gibb (Maha Guru London University). “Sastra barat itu berasal dari sastra Muslimin, tidaklah ada yang memepertimbangkan dan memperselisihkannya”.

6.   Prof. Leo Weiner (sastrawan). “Kontak pengaruh sastra Islam dengan sastra Eropa dimulai abad VII M”.

7.     Prof. Kodrat. Dalam bukunya “Ubar den Usprung deermite Literichen Minnesang” yang diterbitkan di Swiss tahun 1918, menyatakan bahwa Eropa mendapat sastra dan nyala api peradaban modern adalah dari Islam.


2 comments

Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
mengecewakan kalian deh...

yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah
* 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :
* PIN BBM : 7A996166
* WA : +85511817618

Salam Sukses Pesonaqq.com

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.