Menjadi Seorang Bos

1 comment

Menjadi bos adalah impian semua orang, betul tidak? Kalau kata guru ekonomi saya sewaktu SMA dulu, jadilah bos walaupun bos sapu lidi. Sepertinya memang kurang bergengsi sih. Tapi selama kita menjadi seorang bos maka tidak ada yang bisa mengatur-atur kita. Setidaknya itulah yang dirasakan seorang bos.


Namun menjadi seorang bos tidaklah semudah membalik telapak tangan. Butuh perjuangan dan pemikiran. Walaupun saya belom menjadi seorang bos disebuah perusahaan. Saya akan memaparkan beberapa hal penting untuk menjadi seorang bos.

1.       Perilaku seorang bos
Bos yang disegani, bukanlah bos yang galak. jika anda ingin menjadi bos, langkah pertama adalah kuasai diri anda. kendalikan emosi dan jaga tutur kata anda. 

2.       Tanggung jawab
Ingat bahwa bos adalah pemimpin. Dan seorang pemimpin pasti punya tanggung jawab. So... kenali tanggungan anda dan belajar menanggulangi apapun yang berada dalam tanggungan anda. Sehingga anda akan menjadi seorang pemimpin yang bertanggungjawab. Bukan hany tanggung jawab pada bawahan ya... tapi juga dengan tugas-tuga dan masalah yang ada dalam manajemen anda.

3.       Bangun harga diri
Sosok pemimpin perlu mempunyai wibawa atau harga diri di depan bawahannya. Oleh karenanya bangunlah harga diri itu sedini mungkin. Jangan banyak berceloteh dengan karyawan. Bersikap tegas dan miliki rasa percaya diri yang kuat.

4.       No otoriter
Jadilah bos yang selalu mendengarkan dan menanggapi saran ataupun usulan bak dari rekan kerja atau cleaning servis sekalipun. Memang sebagai seorang bos anda diharapkan untuk mempunyai ide yang besar dalam sebuah proyek. Tapi ingat bahwa anda tidak hidup sendiri. Ide bisa datang dari siapa saja. Jangan bersikap sok ngerti dan otoriter atau atas kemauannya sendiri. Lama-lama jadi kayak hitler nanti.hehe

5.       Reward
sebagai seorang bos tentunya sangat ingin kinerja karyawannya terus meningkat. Nah untuk memotivasi mereka agar tidak kendor dalam pekerjaannya bisa saja anda memberika reward atau sebuah appresiai untuk mereka yang konsisten dan terus maju dalam pekerjaannya. Hal ini juga bisa meingkatkat rasa percara diri seorang karyawan terhadap bosnya.

Sekian dulu ketikan dari saya, ambillah yang bermanfaat dan tinggalkan yang tidak bergiuna.

1 comments:

Thanks infonya. Nah kalo yang ini, saya nemuin artikel menarik nih tentang ciri-ciri kalo kamu punya bos yang hebat di tempat kerja. Cek di sini yak: Tanda-tanda kamu punya atasan hebat di kantor

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.