Menjadi bos adalah impian semua orang, betul tidak? Kalau
kata guru ekonomi saya sewaktu SMA dulu, jadilah bos walaupun bos sapu lidi.
Sepertinya memang kurang bergengsi sih. Tapi selama kita menjadi seorang bos
maka tidak ada yang bisa mengatur-atur kita. Setidaknya itulah yang dirasakan
seorang bos.
Namun menjadi seorang bos tidaklah semudah membalik telapak
tangan. Butuh perjuangan dan pemikiran. Walaupun saya belom menjadi seorang bos
disebuah perusahaan. Saya akan memaparkan beberapa hal penting untuk menjadi
seorang bos.
1.
Perilaku seorang bos
Bos yang disegani, bukanlah bos yang galak.
jika anda ingin menjadi bos, langkah pertama adalah kuasai diri anda.
kendalikan emosi dan jaga tutur kata anda.
2.
Tanggung jawab
Ingat bahwa bos adalah pemimpin. Dan
seorang pemimpin pasti punya tanggung jawab. So... kenali tanggungan anda dan
belajar menanggulangi apapun yang berada dalam tanggungan anda. Sehingga anda
akan menjadi seorang pemimpin yang bertanggungjawab. Bukan hany tanggung jawab pada
bawahan ya... tapi juga dengan tugas-tuga dan masalah yang ada dalam manajemen
anda.
3.
Bangun harga diri
Sosok pemimpin perlu mempunyai wibawa atau
harga diri di depan bawahannya. Oleh karenanya bangunlah harga diri itu sedini
mungkin. Jangan banyak berceloteh dengan karyawan. Bersikap tegas dan miliki
rasa percaya diri yang kuat.
4.
No otoriter
Jadilah bos yang selalu mendengarkan dan
menanggapi saran ataupun usulan bak dari rekan kerja atau cleaning servis
sekalipun. Memang sebagai seorang bos anda diharapkan untuk mempunyai ide yang
besar dalam sebuah proyek. Tapi ingat bahwa anda tidak hidup sendiri. Ide bisa
datang dari siapa saja. Jangan bersikap sok ngerti dan otoriter atau atas
kemauannya sendiri. Lama-lama jadi kayak hitler nanti.hehe
5. Reward
sebagai seorang bos tentunya sangat ingin
kinerja karyawannya terus meningkat. Nah untuk memotivasi mereka agar tidak
kendor dalam pekerjaannya bisa saja anda memberika reward atau sebuah appresiai
untuk mereka yang konsisten dan terus maju dalam pekerjaannya. Hal ini juga
bisa meingkatkat rasa percara diri seorang karyawan terhadap bosnya.
Sekian dulu ketikan dari saya, ambillah yang bermanfaat dan
tinggalkan yang tidak bergiuna.
1 comments:
Thanks infonya. Nah kalo yang ini, saya nemuin artikel menarik nih tentang ciri-ciri kalo kamu punya bos yang hebat di tempat kerja. Cek di sini yak: Tanda-tanda kamu punya atasan hebat di kantor
Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.