Siapakah Pemimpin Efektif

1 comment
Akhir-akhir ini banyak orang yang membicarakan masalah krisis kepemimpinan. Konon sangat sulit mencari kader-kader pemimpin pada berbagai tingkatan. Orang zaman sekarang cenderung memikirkan dirinya sendiri atau kurang peduli pada kepentingan orang lain, dan kepentingan lingkungannya.

Ada tiga masalah mendasar yang menandai kekurangan sosok pemimpin yang efektif ;


Pertama: kebanyakan orang tidak merasa mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memikirkan dan mencari pemecahan masalah kemaslahatan bersama.
Kedua: sulitnya mencari sosok pemimpin yang mampu menegakkan kredebilitas tanggung jawab. Kredebilitas itu dapat dikukur misalnya dengan kemampuan untuk menegakkan etika memikul amanah, setia pada kesepakatan dan janji, bersikap teguh dalam pendirian, jujur dalam memikul tugas dan tanggung jawab terhadap yang di bebankan kepadanya.
Ketiga: semakin kompleks dan rumitnya tantangan pada zaman sekarang ini. Kepemimpinan sekarang tidak cukup lagi hanya mengandalkan pada bakat dan keturunan.

Seorang pemimpin harus mau belajar, membaca dan harus mempunyai pengetahuan mutakhir serta pemahamannya mengenai berbagai persoalan yang menyangkut kepentingan orang-orang yang di pimpin.  Kredibilitas dan integritas juga harus terus melekat pada seorang pemimpin. Kalau tidak, pemimpin itu hanya akan menjadi suatu karikatur yang akan menjadi cermin atau bahan tertawaan dalam kurun sejarah di kemudian hari.

Lalu, siapakah pemimpin efektif

Pemimpin yang efektif tidak lahir begitu saja, lahir dari suatu proses sejak menciptakan wawasan, mengembangkan strategi , membangun kerjasama dan mampu bertindak, sehingga indikator pemimpin yang efektif adalah sebagai berikut:

1.Mereka yang mampu menciptakan wawasan dan wacana untuk masa depan.
2.Mereka yang mampu mengembangkan strategi yang rasional untuk menuju ke arah suatu pencapaian.
3.Mereka yang mampu meraih dukungan dari pusat kekuatan dalam hal kerja sama, persetujuan, kerelaan atau kelompok kerjanya dibutuhkan untuk menghasilkan pergerakan itu.
4.Mereka yang mampu memberi motivasi yang kuat kepada kelompok inti yang tindakannya merupakan penentu untuk melaksanakan strategi.

Dengan demikian potensi kepemimpian seseorang lahir dari berbagai kombinasi dan proses  biologis, sosial, dan psikologi yang kompleks. Potensi ini juga harus dipelihara dan dibina dengan baik supaya efektif. Karena kenyataannya bisa saja seorang memiliki sifat kepemimpinan, akan tetapi tidak memanfaatkannya. Pada hakikatnya kepemimpinan seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan peluang serta keadaan yang terbatas.

Tidak ada pemimpin yang dilahirkan. Manusia mungkin memiliki kemapuan tertentu yang memungkinkan meraka berkembang menjadi pemimpin, tapi mereka harus bekerja untuk itu. Mencapai kualitas dan kemampuan yang dibutuhkan, sehingga layak menjadi seorang pemimpin yang tidak mengecewakan.
Peters dan waterman dalam penelitiannya pada perusahaan-perusahaan terbaik di amerika menemukan bahwa pemimpin yang baik bukan hanya mampu sebagai komunikator yang baik tetapi juga percaya akan hal-hal yang tampak.

Agar menjadi pemimpin yang efektif, menurut Chris Chittenden bahwa kepemimpinan efektif adalah mampu menempatkan orang-orang sehingga mereka tidak bekerja menurut kehendaknya masing-masing. Membangun landasan hubungan yang efektif yang menempatkan kepercayaan diatas segala-galanya antara yang satu dengan yang lain.
 
Dalam kepemimpinan efektif bahwa kepercayaan didasari oleh penilaian dari sebagian tindakan. Mereka memaknai apa yang dikatakan dan dilakukan pemimpin. Pemimpin kompeten terhadap apa yang dilakukannya, dapat dipercaya, memahami siklus suatu janji, jelas dalam permintaan dan tawarannya, mengizinkan adanya negosiasi, yang berarti menentukan prioritas organisasi dan kemudian mengelola janji-janjinya.

Pada dasarnya, Tidak ada formula yang tepat bagaimana menjadi pemimpin efektif, tetapi beberapa penelitian menyoroti beberapa poin yang berguna, yaitu:
1.Pelatihan.  Ketahuilah diri anda sendiri dan sadari kekuatan serta kelemahan anda. Atasi kekurangan itu melalui pelatihan.
2.Gaya. Kepemimpian mempunyai berbagai gaya yang berbeda. Ketahuliah gaya dan kontrol selalu diri anda. Seorang pemimpin harus mempunya gaya tersendiri dalam kepemimpinannya.
3.Bawahan. Ketahuilah dan dukunglah bawahan anda. Mereka ingini dipelakukan sebagai individu yang cakap. Ciptakan suasana yang mendukung pencapaian pekerjaan mereka dan kebutuhan pribadinya.
4.Sifat dasar pekerjaan. Sesuaikan diri anda dengan hakikat pekerjaan. Kepemimpinan anda harus menyesuaikan diri dengan tugas.

Selalu ingat bahwa pemimpin yang efektif selalu melihat peluang untuk belajar dan tumbuh. Ia mampu mengantisipasi atau menciptakan perubahan menuju pencapaian yang lebih baik.

1 comments:

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.