Menjadi Diri Sendiri

1 comment
“Siapkah anda menjadi diri anda sendiri?” pertanyaan yang harus anda jawab terlebih dahulu sebelum membaca lebih lanjut artikel ini.


Siap atau tidak, selamanya anda akan mengalami kerugian ketika anda –baik disengaja atau tidak- menjadi orang lain, menjadi seseorang yang diluar anda sendiri. Sebagaimana pepatah lama mengatakan “seperti air didaun talas” tak punya pendirian dan selalu terombang-ambing dalam arus kehidupan.

Menjadi orang lain sama artinya dikendalikan oleh orang lain. Bentuk pengendaliannya pun bermacam-macam, seperti yang akan saya uraikan dibawah ini :

1.       Pengendalian melalui pikiran.
Kita semua mungkin sering mendengar istilah “brain stroming” atau “brain washing”. Atau dalam makna indoninesianya adalah pengendalian pikiran, pengendalian otak, atau cuci otak.
Entah anda sadari satau tidak, sebenarnya saya pun sedang membangun kendali pada diri anda, tepatnya pada pikiran anda. Hanya saja saya berusaha menambahkan pikiran positif kepada anda melalui tulisan ini. 
mungkin kita juga pernah dikendalikan oleh pikiran negatif yang berasal dari orang lain. Namun kita tidak merasakannya.

2.       Pengendalian melalui uang, harta dan materi.
Pengendalian jenis ini juga tak kalah hebatnya dengan pengendalian melalui pikiran. Lihat saja, berapa banyak orang-orang yang bertekuk lulut dibawah perintah dan kuasa orang berduit. Itu adalah salah satu bukti nyata betapa kuatnya pengendalian jenis ini untuk saat ini. Melaui materim seseorang bisa kehilangan harga dirinya. Bahkan sifat asli kemanusiaannya pun bisa hilang.

3.       Pengendalian melalui sugesti mental
Dalam arti sederhana sugesti mental bisa diartikan dengan bangkitnya kekaguman pada diri anda terhadap orang lain. Seperti rasa kekaguman anda terhadap Rasulullah saw. Hal itu akan memberikan sugesti mental agar kita bisa “menjadi seperti beliau” ; mengikuti dan menjalankan sunnah-sunnah dan ajarannya. Tentu saja sugesti itu adalah hal yang baik.

Akan tetapi, yang kita maksud disini adalah pengaruh sugesti mental yang buruk sehingga menjadikan diri kita dikendalikan oleh orang yang kita kagumi dalam melakukan berbagai hal yang negatif. Tidak sedikit bukan contoh-contoh yang seperti itu. Dan umumnya hal tersebut terjadi bukan karena kekaguman haqiqi, dalam arti kekaguman yang bersumber dari kebaikan dan mulia di mata Allah Swt. Seperti kekaguman karena benda-benda yang dikenakan, atau karena material yang melimpah ruah. Dan lain sebagainya.

Pengendalian-pengendalian diataslah yang mampu mengubah diri anda menjadi bukan diri anda sendiri. Bahkan menurunkan derajat dan harga diri anda sebagai manusia. Oleh karenanya selalu perhatikan dan hindari hal-hal yang dapat merubah diri anda menjadi pribadi yang negatif.

Dalam agama sendiri telah disebutkan banyak petunjuk yang menyatakan
 “ kenalilah diri anda, agar mengenal tuhan”
“barang siapa mengenal dirinya sendiri, maka ia akan mengenal tuhannya”
Dalam Al-Qur’an pun disebutkan melalui berbagai ayat,
“ Apakah kamu tidak berfikir?”
“apakah kamu tidak merenungkan?” atau “bagi orang-orang yang berakal”
Dan lain sebagainya.
Semua memiliki falsafah kalau Agama menyeru dan memerintahkan kita untuk mengenal dan menjadi diri sendiri.

Bruce Barton berkata, “ Tidak ada sesuatau yang luar biasa yang pernah diraih, keculai oleh mereka yang berani untuk percaya bahwa sesuatu dalam diri mereka lebih baik dibandingkan dengan keadaan orang lain”

Jadilah diri anda sendiri, maka anda akan mampu menundukkan hidup anda. Betapapun anda menghadapi rintangan, halangan, dan tekanan kehidupan. Anda tidak akan mampu dipengaruhi hal-hal yang negatif dari orang lain.  Atau apapun yang diluar diri anda. Dengan menjadi diri anda sendiri, anda memiliki kuasa dan hak untuk menempuh hidup anda sendiri.

Orang yang telah menjadi dirinya sendiri adalah orang yang tidak mampu dipermainkan oleh keadaan dan situasi. Dia tidak adakan pernah menjadi orang dengan ciri “bibir tersenyum, tetapi hati menangis”.
Akhirnya, menjadi diri sendiri berarti menjadi manusia muslim yang sejati serta jauh dari kemunafikan.

1 comments:

Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
The blog is genuinely impressive in all aspects.
Great, I like this blog.
judi dewa poker terbaik indonesia

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.