KEPEMIMPINAN Dan JENIS-JENISNYA

1 comment




Allah telah menciptakan manusia di muka bumi ini untuk menjadi pemimpin. Baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Menjadi seorang pemimpin membutuhkan proses yang panjang. Pada proses itulah maka lahir ilmu kepemimpinan..
Kepemimpinan atau leadership merupakan ilmu terapan dari ilmu-ilmu sosial, sebab prinsip-prinsip dan rumusannya diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan manusia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kepemimpinan, penulis akan membahas arti kepemimpinan sekaligus jenis-jenisnya.

1.      Pengerian Kepemimpinan
Kepemimpinan berasal dari kata “pimpin” yang berarti tuntun atau bimbing. Pimpin dapat pula berarti menunjukan jalan yang baik dan benar, tetapi dapat pula berarti mengepalai pekerjaan atau kegiatan. Dengan demikian, kepemimpinan adalah hal yang berhubungan dengan proses menggerakan, memberikan tuntunan, binaan dan bimbingan, menunjukan jalan, memberi keteladanan, mengambil resiko, mempengaruhi dan meyakinkan pihak lain, mengarahkan dan masih banyak lagi artinya. Seperti yang dikemukakan oleh George R. Terry, Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorng untuk mempengaruhi orang dalam agar supaya bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Dalam arti yang lebih sederhana, apabila berkumpul tiga orang atau lebih kemudian salah seorang diantar mereka mengajak teman-temannya untuk melakukan sesuatu, maka orang tersebut telah melakukan kegiatan memimpin karena ada unsur mengajak dan mengkordinasi, ada teman dan ada kegiataan atau saasaranya.
Sejak nenek moyang dahulu kala, kerjasama dan saling melindungi telah muncul bersama sama dengan perada dengan peradaban manusia. Kerjasama tersebut muncul pada tata kehidupan sosial masyarakat atau kelompok-kelompok manusia dalam rangka mempertahankan hidupnya. Maka terjadilah kerjasama antar manusia dan tercipta unsur unsur kepemimpinan
Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama.

2.      Jenis-Jenis kepemimpinan

Pada proses kepemimpinan setiap orang akan menghasilkan gaya yang umumnya berbeda satu sama lainnya. Gaya kepemimpinan bisa lalim, diktator ataupun seratus persen individualistik juga bisa mau bekerja sama, terbuka dan berdasarkan pemikiran sehat.
Gaya kepemimpinan menjelaskan tentang bagaimana seseorang bertindak dalam konteks organisasi. Cara termudah untuk menggambarkan gaya kepemimpinan adalah dengan menggambarkan jenis organisasi atau situasi yang sesuai dengan gaya tertentu.
Dari gaya gaya kepemimpinan tersebut, maka terciptalah beberapa jenis kepemimpinan. Sehubungan dengan itu penulis akan mencoba mengemukakan 6 tipe kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari :

1.       Demokratis
Kepemimpinan demokratis adalah jenis  kepemimpinan dimana seorang  pemimpin memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Jika ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim. Pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.


2.      Otokratis
Jenis kepemimpinan seperti ini akan tampak seperti dictator. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan. Gaya ini ditandai dengan kebergantingan pada yang berwenang dan menganggap bahwa bawahan hanya akan melakukan sesuatu jika diperintah... Umumnya gaya kepemimpinan seperti ini dilaksanakan pada negara-negara yang menganut asas komunis.

3.      Partisipatif
Kepemimpinan dengan jenis seperti ini dipakai untuk memotifasi bawahan melalui pelibatan dalam pengambilan keputusan. Pemimpin mengharapkan agar karyawan mampu bekerja sama dalam pencapaian tujuan. Gaya kepemimpinan seperti cocok dilakukan pada perusahaan dimana keputusan harus dilaksanakan bersama.

4.      Birokratis
Jenis kepemimpinan seperti ini adalah gaya yang patuh terhadap peraturan. Para pemimpin dengan gaya kepemimpinan birokratis menganggap bahwa segala kesulitan akan dapat diatasi jika setiap orang mematuhi peraturan. Suatu sistem adalah hal yang mutlak ada pada gaya kepemimpinan seperti ini. Jika dikaitkan dengan dunia bisnis, gaya kepemimpinan yang umumnya menggunakan cara kepemimpinan birokratis adalah para birokrat yang berada pada perusahaan Negara.

5.      Permisif
Pemimpin yang mempunyai jenis kepemimpinan permisif akan selalu berkeinginan untuk membuat setiap orang yang berada dalam kelompok puas. Jenis kepemimpinan seperti ini menganggap bahwa bila orang-orang merasa puas dengan diri mereka sendiri dan orang lain, maka dengan demikian organisasi akan berfungsi. Pemimpin yang permisif menginginkn agar setiap orang merasa senang dalam organisasi.
6.      Bebas
Tipe kepemimpinan ini pada dasarnya berpandangan bahwa anggota organisasinya mampu mandiri dalam membuat keputusan atau mampu mengurus dirinya masing-masing, dengan sedikit mungkin pengarahan atau pemberian petunjuk dalam merealisasikan tugas pokok masing-masing sebagai bagian dari tugas pokok organisasi.
Jenis kepemimpinan seperti ini pada umumnya merupakan seseorang pemimpin yang berusaha mengelak atau menghindar dari tanggung jawab, sehingga apabila terjasi kesalahan atau penyimpangan, dengan mudah dan tanpa beban mengatakan bukan kesalahan atau tanggung jawabnya karena bukan keputusannya dan tidak pernah memerintahkan pelaksanaanya.

Dari beberapa jenis kepemimpinan yang penulis utarakan diatas, terdapat beberapa  yang menjadi inpirasi penulis dalam mengemban sebuah misi kepemimpinan. Dimulai dari jenis kepemimpinan Permisif, partisipatif dan Demokratis. Namun untuk memilih satu jenis yang benar-benar melekat dalam diri penulis, unutk saat ini penulis belum bisa mengambil sebuah kesimpulan. Oleh karenaya penulis masih membutuhkan pendalam materi dan pembelajan lebih dalam untuk menentukan satu jenis kepemimpinan yang cocok dalam diri penulis.
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

1 comments:

Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
mengecewakan kalian deh...

yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah
* 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :
* PIN BBM : 7A996166
* WA : +85511817618

Salam Sukses Pesonaqq.com

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.