3 langkah handal berbicara di depan umum

1 comment
Seorang pemimpin harus punya kemampuan berbicara di depan umum. Tak dapat dipungkiri bahwa pemimpin yang sukses adalah mereka yang mampu menguasai diri sendiri maupun orang lain. Hal tersebut tak akan berhasil apabila pemimpin tak mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam hal berbicara di depan umum. Untuk itu, kemampuan berbicara di depan umum sangat diperlukan bagi sosok seorang pemimpin yang ideal.

Dalam hal kemampuan berbicara di depan umum banyak pemimpin potensial yang merasa gagal melakukannya.  Banyak kasus orang yang telah mempersiapkan dengan rapi, tapi tampil berantakan dalam berbicara didepan umum. Dengan sedikit persiapan maka berbicara didepan umum akan lebih mudah. Langkah-langkah persiapan berbicara didepan umum adalah sebagai berikut: 



1. Langkah pendahuluan: analislah diri anda sebagai pembicara, evaluasi efek pribadi anda terhadap pesan-pesan yang akan anda sampaikan, waspada terhadap kekurangan anda dan bangunlah kekuatan, analisis dan telitilah audien anda secara menyeluruh, yaitu apa sebenarnya yang mereka ingin dengarkan, persiapkan pidato anda secara menyeluruh, tulislah draft dan kemudian berlatih dan tulislah ulang, lalu berlatih di depan cermin. 

2. Percaya diri: tampillah dengan percaya diri dan rileks, lakukan pembicaraan awal yang kuat. Persiapan yang menyeluruh akan membangun kepercayaan diri anda, berpakaianlah sesuai dengan audien, hindarilah membaca naskah dan cuku dengan catatan pokok, bicaralah yang keras dengan intonasi yang jelas,  dan gunakan gerkan tubuh secara terbuka. 

3. Sopan santun: bertingkahlah secara sopan, pidato harus menghibur, menstimulasi, memotivasi, evaluasilah keefektifan pidato anda, tataplah audien, lihatlah tanda-tanda pada orang yang memperhatikan atau bosan, bertanyalah atau jawablah pertanyaan sesuai pidato dan evaluasi umpan baliknya. 

Jika belum berhasil lakukan berulang-ulang. Semakin banyak mencoba dan berlatih, semakin diri anda terbiasa dan akan mampu berbicar di depan umum sebagai pembicara yang ideal.  Percayalah bahwa kesuksesan yang besar bisa diraih dengan usaha yang besar pula.

1 comments:

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.